TOSAN AJI

TOSAN AJI

TOSAN berarti logam, AJI berarti terhormat dan berharga.

Semua jenis TOSAN AJI seperti keris,tombak,kujang dll adalah senjata tradisional yang terbuat dari beberapa unsur logam yang sangat berharga dan terhormat.
Pembuat tosan aji disebut sebagai "EMPU" yaitu orang yang telah gentur laku dan tapa brata,yang telah menguasai eksoteri dan esoteri dengan kesuciannya seoarang empu selalu memohon berkah serta bimbingan TUHAN untuk kesempurnaan tosan aji yang di buatnya.
EKSOTERI adalah ilmu kasunyatan [nyata] mengenai bumi beserta seluruh isi dan lingkungannya,mengenai alam raya [jagad gedhe].
ESOTERI adalah ilmu mengenai segala hal yang rahasia,misteri,dan hal-hal yang serba ghaib [jagad cilik].
Dalam pembuatan TOSAN AJI seorang empu menggunakan unsur-unsur logam dasar dari alam yang lengkap yaitu:

1.BUMI,{BANTALA} yaitu menggunakan beraneka jenis logam sebagai unsur tanah untuk bahan pokok semua jenis tosan aji yang ingin di buatnya.
2.API,{AGNI} yaitu menggunakan unsur api yang merupakan proses pemanasan dalam penempaan dalam mencampurkan berbagai jenis logam dengan ditempa.
3.AIR,{TIRTA} yaitu menggunakan unsur air yang di gunakan dalam proses penyepuhan tosan aji.
4.ANGIN,{BAYAR} yaitu menggunakan unsur angin sebagai pembantu dan pelengkap di dalam proses pembuatan tosan aji.

Pembuatan tosan aji juga merupakan sebuah proses yang sakral karena dianggap sebagai perkawinan antara "BAPAK ANGKASA"{yang menggunakan bahan meteorit sebagai bahan pamor} dengan "IBU PRATALA" {yang menggunakan bahan logam dari unsur bumi sebagai bahan baku}.

TOSAN AJI dapat di gunakan sebagai media dalam konsentrasi yang dalam hal ini manusia mengendapkan diri untuk memohon berkah keselamatan,kesejahteraan,dan tuntunan dari YANG MAHA KUASA, konon tosan aji juga dapat digunakan sebagai sarana  untu mendapatkan wangsit,dawuh atau petunjuk lainnya.

Dapat juga dijadikan sarana yang bermanfaat bagi manusia dalam kitab suci "AL-QUR'AN didalam surat AL-HADID ayat 25 ALLAH ta'ala berfirman yang artinya "........dan kami turunkan besi,di dalamnya terdapat tenaga yang dahsyat dan beberapa manfaat untuk kepentingan manusia......"
tosan aji adalah perlengkapan yang bermanfaat bagi manusia,benda itu bukan untuk di takuti dan juga bukan untuk di sembah karena manusia dan segala sesuatu yang ada dalam alam semesta ini adalah ciptaan TUHAN dan hanya kepada TUHAN YANG MAHA KUASA  sajalah manusia menyembah,bahkan seluruh makhluk yang ada juga menyembah kepadaNYA.

Jadikanlah segala sesuatu yang ada untuk memperkuat keyakinan,dan jadikanlah sebagai pelajaran karena yang terjadi&yang dilihat adalah proses pembelajaran diri untuk meraih kesucian jiwa yang hakiki yaitu jiwa yang bersih dari noda-noda yang membuat hati dan jiwa kita kotor.

Karena dengan mengenal dan mengakui ciptaan TUHAN itu dapat menjadi jalan kita untuk lebih mengenal dan mengetahui SANG PENCIPTA sehingga lahirlah dalam jiwa yang suci rasa cinta dan senantiasa mendekatkan diri dengan kerinduan penuh ketulusan kepada TUHAN SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA BESERTA SEGALA ISINYA.

Mudah-mudahan sedikit catatan yang saya tulis di beri kemanfaatan untuk pelajaran kita semua yang masih menjalani laku kehidupan di alam dunia yang di penuhi dengan lika-liku kehidupan yang bisa saja membuat kita terlupakan dan kehilangan arah tujuan hidup ini,,,,

Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan yang tulus yang diamanatkan kepada saya,
semoga selalu di limpahi keberkahan dalam kehidupan di dunia maupun kelak di kehidupan yang abadi,,,

SALAM......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar