Ratusan Benda Pusaka Dipamerkan




Salah satu pengunjung mengamati keris dan tombak, yang dipamerkan

BANGKALAN – Ratusan koleksi benda pusaka dipamerkan secara khusus di pelataran Museum Cakraningrat, Jalan Soekarno-Hatta Bangkalan.
Praktis, pameran yang melibatkan puluhan kolektor benda pusaka tersebut, menyedot perhatian warga yang berasal dari beberapa golongan.

Dalam pameran tersebut, terdapat beberapa jenis keris yang mendapat perhatian khusus dari para pencinta benda pusaka, di antara koleksi keris Nogo Bayu, Nogo Sosro dan Ki Tunggal Panto. Masing-masing keris, dipercaya memiliki keunggulan tersendiri bila dipakai oleh pemiliknya.

“Kalau keris ini (Ki Tunggal Panto), bisa membuat laki-laki perkasa saat berhubungan seks. Caranya, taruh saja di bawah bantal, sebelum melakukan hubungan suami istri,” ujar A Hamit TN, salah satu kolektor benda pusaka asal Kecamatan Kota Bangkalan, Senin (11/1/2010).

Hamit yang memamerkan sekitar 20 benda pusaka, juga mempunyai keris yang bisa dibuat untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari asam urat hingga darah tinggi. Cuma, dia mengaku ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan, sebelum menjalani proses pengobatan dengan media dari keris.

Sayang, para kolektor benda pusaka yang ikut dalam pameran tersebut, termasuk Hamit sendiri tidak berkenan untuk menjual benda jenis keris dan tombak. Sebaliknya, para pengunjung hanya sebatas bisa untuk melihat, memegang, dan bertanya tentang keunggulan dari pusaka kuno tersebut.

“Ini hanya untuk dipamerkan saja, tidak untuk dijual. Saya sendiri juga tidak mau menjualnya,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu panitia pameran benda pusaka, Dinas Pariwisata Bangkalan Hasan menyatakan pameran tersebut sebagai ajang untuk menunjukkan jati diri bangsa, termasuk dalam rangka memelihara benda pusaka peninggalan nenek moyang.
(Subairi/Koran SI/ram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar